Jumat, 13 Juli 2012

SOAL PENGELOLAAN SOAL PERPUSTAKAAN

1.    Kegiatan yang memberikan kepada pengunjung perpustakaan dalam menggunakan buku-buku dan bahan-bahan pustaka lainnya disebut pelayanan apa?
A.    Pelayana teknis        D. Pelayanan tertutup
B.    Pelayanan pembaca        E. Pelayanan sirkulasi
C.    Pelayanan terbuka
2.    Kegiatan yang semua buku-buku dicatat dalam buku induk dan diklasifikasikan menurut sistem klasifikasi tertentu, disebut pelayanan apa ?
A.    Pelayanan teknis         D. Pelayanan tertutup
B.    Pelayanan pembaca        E. Pelayanan sirkulasi
C.    Pelayanan terbuka
3.    Ada berapakah sistem peminjaman buku?
A.    5    B. 4        C. 3        D. 2        E.1
4.    Menurut william A.Katz ada berapakah pelayanan pembaca yang terdapatdalam bukunya “introduction to reference work” ?
A.    1    B. 2        C. 3        D. 4        E. 5
5.    Kegiatan yang melayani peminjaman dan pengembalian buku-buku perpustakaan sekolah disebut pelayanan apa?
A.    Pelayanan sirkulasi         D. Pelayanan buku
B.    Pelayanan teknis        E. Pelayanan umum
C.    Pelayanan pembaca
6.    Apa yang membedakan open acces system dengan closed acces system ?
A.    Katalogisasi                D. Cara peminjaman buku
B.    Membuat kartu perpustakaan        E. Pembuatan kartu katalog
C.    Cara pengembalian buku
7.    Yang terdapat dalam identitas buku kartu perpustakaan, kecuali ...
A.    Nomer        D. Foto
B.    Nama        E. Hobbi
C.    Alamat
8.    Ada beberapa cara untuk mengetahui jumlah peminjaman pada setiap harinya ?
A.    5    B. 4        C. 3        D. 2        E. 1

9.    Selain faktor kemampuan petugas, faktor apa saja yang memengaruhi terselanggaranyan pelayanan informasi ?
A.    Pelayanan publik            D. Kelengkapan koleksi
B.    Pelayanan sirkulasi            E. Pelayanan referensi
C.    Pelayanan pembaca
10.    Tanda apakah yang mnunjukkan bahwa tanda itu mempunyai arti koleksi referensi ?
A.    (O)        B. (P)        C. (Q)        D. (R)        E. (S)

Kunci jawaban :
1.    B        6. D
2.    A        7. E
3.    D        8. D
4.    B        9. D
5.    A        10. D






Nama : Selvi Nurlita
NPM : 0321 11 039
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester/Kelas : I / A


Yayasan Taman Baca Marzuki
Lembaga Sosial dan Kemasyarakatan
Jalan Kota Paris no. 3, E-mail: marzuki.yayasan@yahoo.com Kota Bogor
Nomor        : 001/TU/LSM/XI/2010                Bogor, 18 Desember 2010
Perihal        : Permohonan Sumbangan Bahan Pustaka
Yth. Pimpinan Redaksi PT. Grafindo
di Jakarta
    Dengan hormat,
    Dalam rangka mengembangkan minat dan membaca di kalangan masyarakat semakin meningkat di tahun ini, kami selaku pengelola Taman Baca Marzuki berharap agar dapat terus meningkatkan dan mengebangkan potensi tersebut yang merupakan tujuan utama kami yairu meningkatkan minat baca generasi sekarang dan mendatang.
    Pada dasarnya kami mengharapkan kerjasama dengan pihak redaksi PT. Grafindo untuk turut serta mengembangkan tujuan kami tersebut. Karena tinjauan dari data peminjaman bahan pustaka, ternyata grafik tertinggi menunjukkan bahwa terbitan bhan pustaka berupa karya umum, sastra dan pengetahuan umum yang berasal dari PT. Grafindo digemari oleh pustakawan di lingkungan kamikhususnya Taman Baca Marzuki.
    Untuk itu kami berharap PT. Grafindo berkenan menjalin kerjasama dengan yayasan kami agar dapat menyumbangkan buku-buku atau terbitan lainnya.
    Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
Hormat Kami
Pengelola Perpustakaan


Finny Faristiany
Nama             : Finny Faristiany
Semester / Kelas     : I / A
Program Studi        : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tugas Pengelolaan Perpustakaan

1.    Tugas pelayanan informasi bisa terselenggarakan dengan baik tergantung pada dua faktor yaitu . . . . . . .
a.    Banyaknya pegunjung dan petugas
b.    Peminjaman dan pengembalian buku
c.    Tempat dan waktu membaca
d.    Kelengkapan koleksi dan kemampuan petugas
2.    “Learning is relatively permanent change in personality and reflects a change in performance”, merupakan pengertian menurut . . .  .  .  .
a.    William S. Sahakin    c. Aristoteles
b.    Robert M. W. Travers    d. William S. Sahakin dan Robert M. W. Travers
3.    Berikut ini adalah sistem peminjaman buku, yaitu . . . . . .
a.    Sistem terbuka        c. Sistem otomatis
b.    Sistem tertutup        d. Sistem tertutup dan terbuka
4.    Dalam peminjaman di perpustakaan buku apa saja yang dapat di bawa pulang ? . . . .
a.    Novel, Buku agama dan komik
b.    Tesis, disertasi dan kamus
c.    Kamus, biografi dan buletin
d.    Surat kabar, biografi dan majalah
5.    Layanan apa saja yang tersedia untuk pembaca ? . . . .
a.    Layanan pinjaman dan sirkulasi
b.    Layanan sirkulasi dan referensi
c.    Layanan referensi dan penyimpanan
d.    Layanan pengembalian dan referensi
6.    Berikut ini komponen yang terdapat dalam kartu perpustakaan, kecuali . . . . .
a.    Nama            c. Foto
b.    No. Anggota        d. Cita-cita
7.    “Circulation is one of two primary public service points in the library. The other is reference”, pendapat tersebut dikemukakan oleh . . . . .
a.    William A. Katz        c. Robert W. M. Travers
b.    William S. Sahakian    d. Mc. Clelland
8.    Sistem yang terbiasa digunakan dalam perpustakaan untuk mengklasifikasi buku disebut . . . . .
a.    DDC            c. CDC
b.    DCC            d. CDD
9.    Sikap yang harus dimiliki petugas referensi adalah . .  . .  . .
a.    Lembut            c. Tidak mudah bosan
b.    Sabar            d. Semua benar
10.    Kegiatan melayani peminjaman dan pengembalian buku disebut . . . . . .
a.    Referensi            c. Sirkulasi
b.    Asosiasi             d. Klasifikasi

Kunci Jawaban :
1. D                6. D
2. A                7. A
3. D                8. A
4. A                9. D
5. B                10. C






Tidak ada komentar:

Posting Komentar